Dicatat! Disdikbud Pamekasan Terbitkan Edaran KBM Selama Bulan Ramadhan 1445 H

  • Bagikan
Suasana aktivitas belajar mengajar saat bulan puasa.

RISALAH. PAMEKASAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 800/463.301/2024 tentang kegiatan belajar selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Dalam surat edaran itu salah satunya mengarah terhadap keterampilan membaca dan menghafal Al-Qur’an untuk pelajar sekolah TK/PAUD/SD/SMP di kabupaten Pamekasan.

Pembelajaran pada saat bulan ramadhan, 12 -14 Maret 2024 Libur Permulaan Puasa (LPP), 15-30 Maret 2024 hari efektif, 01-06 April 2024 hari efektif fakultatif (EF), 08-17 April 2024 merupakan libur sekitar hari raya (LHR).

Baca Juga:  Sebut Tak Ada Warkah Tanah, Kuasa Hukum Nenek Bahriyah Nyatakan Bukti Lengkap saat Sidang di PN Pamekasan

Dalam hari efektif fakultatif, melaksanakan pesantren ramadhan dengan tipe yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing, program diantaranya yakni peningkatan membaca dan menghafal Al-Qur’an, hingga berbagi aksi sosial di bulan Ramadhan.

Selain itu, satuan pendidikan bisa menambahkan kegiatan lain yang relevan pada saat pelaksanaan pondok Ramadhan diantaranya sebagai berikut;

Baca Juga:  Ziarah dan Ngaji Sejarah, Keturunan Raja RonggoSukowati Beri Dua Jempol untuk Partai Demokrat Pamekasan

Jenjang PAUD dapat menambahkan kegiatan cerita ramadhan (guru bercerita tentang kisah-kisah inspiratif di bidang keagamaan).

Kemudian, jenjang SD guru melakukan pemetaan keterampilan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. Siswa yang bacaannya lancar dapat dikuatkan dengan kegiatan tadarus bersama, hingga latihan kajian Al-Qur’an.

Sementara, jenjang SMP dapat menambahkan kajian kitab kuning metode alfatih sesuai dengan kondisi masing-masing pada satuan pendidikan.

Baca Juga:  Musim Hujan, Petani di Pamekasan Curhat Harga Garam Anjlok

Selain itu, pada akhir kegiatan bulan ramadhan satuan pendidikan diwajibkan membuat laporan kegiatan pesantren dan konten digital.

Dengan demikian, sebagaimana tertera dalam surat edaran tersebut, bahwa Disdikbud kabupaten Pamekasan akan memberikan apresiasi/penghargaan kepada satuan pendidikan dengan konten digital favorit dan terbaik pada setiap jenjang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *