Mahasiswa IAIN Madura dapat Materi Penanggulangan Bencana

  • Bagikan

PAMEKASAN. Mahasiswa IAIN Madura mendapat materi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Yayasan Darul Ulum, Desa Polagan, Kecamatan Galis Pamekasan yang diikuti Lapinka Pramuka IAIN Madura. Sabtu, (24/04/2021).

Budi Cahyono sebagai Supervisor BPBD Pamekasan bertindak sebagai pemateri Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat yang diikuti oleh sebayak 30 mahasiswa.

Baca Juga:  Diduga Ada Fakta Tersembunyi Dibalik Kasus Nenek Bahriyah, BPN Pamekasan Didesak Ungkap Mafia Tanah

Budi Cahyono mengatakan, Sesuai UU No 24 tahun 2007 bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama dan menjadi tanggung jawab semua warga negara.

Dikatakannya, Penanggulangan bencana berbasis masyarakat ini agar masyarakat dan mahasiswa bisa paham dan juga mengambil peran dalam kesiap-siagaan diri dan keluarga.

Baca Juga:  Demokrat Pamekasan Tolak Keras Impor Beras dan Garam

“Para komunitas dan lainnya diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya,” kata Budi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan bahwa masyarakat bisa di katakan tangguh jika masyarakat paham akan karateristik bencana, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat tahu harus berbuat apa.

Baca Juga:  Sebut Tak Ada Warkah Tanah, Kuasa Hukum Nenek Bahriyah Nyatakan Bukti Lengkap saat Sidang di PN Pamekasan

“Keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, maka dari itu sudah waktunya merubah paradigma Penanggulangan Bencana dari Tanggap darurat pada Kesiap-siagaan,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *