Pembukaan MTQ Jatim XXIX Dimeriahkan dengan Lagu Madura Jhala Sotra

  • Bagikan

PAMEKASAN. SUARA POST-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan menampilkan lagu Jhala Sotra yang berbahasa Madura pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Jawa Timur ke-29 (MTQ Jatim XXIX).

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pamekasan Halifaturrahma, lagu Jhala Sotra yang tayang perdana akan dibawakan oleh sanggar seni Putra Meonk Pamekasan dengan menggunakan alat musik tradisional khas Madura.

“Namanya Jhala Sotra, tentunya kami ingin mengajak kepada suatu kebaikan demi kemaslahatan kita semua, Jhala itu dalam bahasa Madura artinya menangkap. Sotra sendiri sebagai simbol dari kebaikan. Tentunya sebagai suatu pesan yang bertujuan mengajak masyarakat untuk melakukan yang terbaik,” papar pria yang kerap disapa Mamang itu, Senin (11/1/2021).

Baca Juga:  Akhir Bulan, Bupati Pamekasan Didemo Dua Kali dalam Sehari

Sementara itu, pencipta lagu Jhala Sotra sendiri yaitu Frengki Herman, salah satu anggota Putra Meonk. Saat ini, persiapan sanggar seni yang melibatkan 15 personel tersebut hampir seratus persen.

“Lagu ini memang diciptakan secara khusus untuk menyambut MTQ,” ulas Mamang.

Baca Juga:  Mudik Lebaran, Kapolres Pamekasan Cek Kesiapan Personil dan Imbau Pengendara Taat Lalu Lintas

Berdasarkan rundown MTQ Jatim XXIX, persembahan lagu Jhala Sotra masuk pada acara pokok, sebelum sambutan dari Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Mamang juga menjelaskan, inti dari lagu itu yaitu mendorong masyarakat agar berbuat kebaikan dan berbenah diri.

Baca Juga:  Peringati Hari Bhayangkara ke-75, Polres Pamekasan Gelar Vaksinasi Massal

“Paling tidak bisa saling menjaga diri sendiri untuk kemaslahatan banyak orang, terutama pesan-pesan untuk melakukan vaksin dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *