Usai Dilantik, Panwascam Sokobanah Sampang Gelar Pembekalan untuk Ratusan Pengawas TPS

  • Bagikan
Panwascam Sokobanah Sampang Gelar Pembekalan untuk Ratusan Pengawas TPS.

RISALAH. SAMPANG – Ratusan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Sokobanah, Sampang Madura setelah dilantik mengikuti Pembekalan Orientasi Penguatan dan Fungsi PTPS.

Kegiatan tersebut diisi oleh Panwascam Sokobanah, Hamid selaku Koordiv. PP & PS dan Khusnul selaku Koordiv. HPPM – HM.

Dalam penyampaiannya, Hamid menjelaskan tentang tugas, wewenang dan kewajiban PTPS yang dikutip dari Undang – undang 7 Tahun 2017.

“Dalam undang – undang – undang 7 Tahun 2017 bahwa inti tugas, wewenang dan kewajiban PTPS itu adalah mengawasi, menyampaikan keberatan dan melaporkan,” ujar Hamid, saat memberikan materi kepada peserta PTPS yang bertempat di Gedung PGRI Kecamatan Sokobanah. Senin (22/1/2024).

Baca Juga:  IMPAS Nilai Willy Aditya Manfaatkan Masyarakat Madura untuk Jadi Anggota DPR RI

Hamid menambahkan, pengawas TPS agar berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan KPPS dan beberapa tokoh setempat.

“Pengawas TPS jangan lupa untuk membangun komunikasi dan berkoordinasi dengan KPPS dan juga Tokoh setempat” ujarnya.

Selain itu juga, Hamid menegaskan agar di masa tenang benar – benar melakukan pengawasan secara maksimal.

“Tolong yaa, di masa tenang dari tanggal 11 – 13 Februari 2024 nanti, untuk betul – betul diawasi, khawatir terjadi aktivitas yang melanggar hukum oleh oknum – oknum tertentu, yang akan mengganggu terhadap kenyamanan dan keberlangsungan pagelaran pemilu 2024, khususnya di Kecamatan Sokobanah”. Tegasnya.

Baca Juga:  Luar Biasa, Jurnal Al-Ihkam IAIN Madura Tembus Scopus

Dan pada kesempatan itu juga Husnul, selaku Koordiv. HPPM – HM juga menguatkan dari apa yang disampaikan Hamid, pemateri sebelumnya agar Pengawas PTPS memastikan kelengkapan dan ketersediaan logistik di tiap – tiap TPS.

“Hal yang tak kalah penting juga dari pengawasan ini, Pengawas TPS benar – benar memastikan kelengkapan dan ketersediaan logistik di tiap – tiap TPS dan itu dilakukan sebelum pemungutan suara dilaksanakan.” Ungkapnya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Jatim Pastikan Stok BBM dan LPG Cukup

Husnul menegaskan kembali perihal urgensi daripada pengawasan, kuncinya ada pada Form. A.

“Jadi begini, tolong teman – teman pengawas TPS yang sudah dilantik, setiap pengawasan yang kalian lakukan jangan lupa dicatat, dituangkan ke Form. A yang nantinya sebagai laporan hasil pengawasan kalian disampaikan ke Panwascam Sokobanah melalui Pengawas Desa/Kelurahan (PKD),” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *